Penting untuk kamu ketahui bagaimana cara mengobati hairy tongue yang terjadi pada sipenderita.

Beberapa dokter akan melakukan diagnosis pada hairy tongue  berdasarkan presentasi klinis dan pemeriksaan visual pada daerah rongga mulut sipenderita. Selain itu, dokter akan juga menanyakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan terjadinya risiko BHT, seperti penggunaan antibiotik dan riwayat kebiasaan merokok untuk menegakkan diagnosis BHT. Bila perlu, dokter akan merekomendasikan beberapa cara untuk mengobati hairy tongue seperti:

  • Kultur mikroorganisme dapat dilakukan untuk melihat kemungkinan adanya bakteri atau jamur yang menyebabkan BHT
  • Pemeriksaan mikroskopik untuk melihat adanya pemanjangan papila filifromis pada lidah lebih dari 3 mm

BHT merupakan suatu kondisi yang dapat sembuh dengan sendirinya dan pada umumnya memiliki prognosis yang baik. Menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut merupakan cara terbaik untuk mengobati hairy tongue. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan mulut dan menghilangkan BHT.

  • Gunakan benang gigi untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan mengangkat plak yang berada pada gigi.
  • Minum dengan cukup setiap hari untuk membantu menjaga mulut supaya tidak mengalami dehidrasi, dan membantu menjaga kebersihan mulut.
  • Gosok gigi dengan menggunakan sikat yang halus setiap sesudah makan atau dua kali sehari, menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Sikat lidah menggunakan sikat yang halus atau sikat khusus lidah pada saat menyikat gigi, untuk membantu mengangkat sel-sel mati, bakteri, dan sisa-sisa makanan pada lidah.
  • Menghentikan kebiasaan merokok, bila Anda merokok.
  • Kunjungi dokter gigi secara rutin untuk membersihkan dan memeriksakan gigi.
READ  Mengenal Pekan Imunisasi Nasional Polio

Bila dengan cara-cara tersebut penyakit ternyata juga tidak hilang, dokter dapat meresepkan beberapa obat-obatan seperti antibiotik, antijamur, tretinoin, hingga melakukan beberapa tindakan pembedahan pada BHT dengan menggunakan laser atau electrosurgery. Tindakan yang tepat untuk mencegah penyakit tersebut bahkan mengobati hairy tongue sepertihalnya dengan menjaga kebersihan rongga mulut, termasuk menggosok gigi bahkan membersihkan lidah secara rutin. [1] Gejala-gejala lidah berambut merupakan terjadinya suatu perubahan warna pada lidah dari putih kekuningan hingga hitam atau kecokelatan, tergantung pada makanan yang biasa dikonsumsi serta bakteri dan jamur di mulut. Kelainan lidah ini banyak ditemukan pada lidah bagian belakang, dan biasanya melibatkan seluruh bagian permukaan atas lidah. Pada umumnya, lidah berambut tidak dapat menimbulkan gangguan, tetapi pada beberapa orang ternyata masalah tersebut dapat menyebabkan rasa mual, ketidaknyamanan, dan bau mulut. Lidah berambut paling sering ditemukan pada pria dewasa dan jarang dijumpai pada anak-anak. Perawatan yang akan diberikan pada penderita lidah berambut atau penyakit hary tongue bergantung pada keadaan masing-masing. Perawatan ini meliputi pembersihan lidah setiap pagi dalam jangka waktu 1 bulan atau lebih dengan cairan pembersih lidah. Karena tidak menjaga kebersihan juga menjadi salah satu penyebab hairy tongue itu terjadi. Untuk kondisi lidah berambut yang sudah parah, dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan tertentu atas petunjuk dokter. “dilansir dari laman Klikdokter” Penyebab dari lidah berambut belum dapat diketahui secara pasti. Namun, terdapat beberapa faktor yang dikaitkan dengan kondisi tersebut, sepertihalnya konsumsi alkohol yang berlebihan, dan penggunaan obat-obatan antibiotik. Serta penurunan aktivitas mulut (contohnya pada pasien rawat inap yang tidak mampu untuk melakukan pembersihan gigi dan mulut dengan optimal). Black hairy tongue merupakan suatu kondisi yang sementara dan tidak dapat berbahaya, kondisi tersebut dapat menyebabkan tampilan gelap dan berbulu pada lidah. Penumpukan sel kulit mati pada titik-titik kecil (papila) pada permukaan lidah yang mengandung indera pengecap merupakan salah satu penyebab hairy tongue itu terjadi. Papila tersebut, yang lebih panjang daripada normalnya, mudah menjebak dan ternoda oleh tembakau, makanan atau zat lainnya, serta bakteri atau jamur.

READ  Ketahui berikut ini bagaimana penyakit hairy tongue bisa terjadi.

Sumber: Klikdokter.com

Sehatq.com