Mengenal Pekan Imunisasi Nasional Polio

Tahukah Anda? Penyakit polio merupakan penyakit yang yang bisa dengan mudah menyerang balita. Penyebab penyakit ini yaitu virus polio. Virus tersebut ditularkan dari minuman maupun makanan yang telah terkontaminasi sehingga menyebabkan saraf pusat terserang. Dampak buruk lainnya yang bisa ditimbulkan yaitu bisa menyebabkan kelumpuhan. Cara pencegahan penyakit ini yaitu dengan cara imunisasi polio. Pasti Anda sudah tahu kan, apa itu imunisasi? Imunisasi adalah upaya yang dilakukan dengan tujuan agar bisa mencegah penyakit polio. Upaya ini sudah sangat terbukti keefektifannya dalam mencegah polio. Dilansir dari halaman alodokter, polio merupakan penyakit saraf dan bisa menyebabkan kelumpuhan. Selain itu, penderitanya juga dapat mengalami gangguan saraf pernapasan yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk bernafas. Dalam hal ini, salah satu upaya pemerintah agar dapat melindungi seluruh anak Indonesia agar tidak terkena penyakit polio yaitu dengan cara melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional atau yang disingkat PIN. Imunisasi ini diberikan kepada balita dengan memberikan vaksinasi.

READ  Bingung, bagaimana cara mengobati penyakit gonore. Simak berikut ini.

Apa Sih Pekan Imunisasi Nasioal itu?

Pekan Imunisasi Nasional atau PIN adalah upaya pemberin imunisasi kepada anak balita dengan cara memberi vaksinasi polio oral. Untuk itu, orang tau memegang peranan yang sangat penting agar anak- anak Mereka terbebas dari polio. Orang tua sangat dianjurkan agar membawa anak balita Mereka ke pos kesehatan seperti posyandu sehingga anak Mereka bisa memperoleh perlindungan dari penyakit polio. Mereka wajib meengetahui dari gejala polio, manfaat PIN polio, serta penyebab penyakit polio untuk anak. Jika mereka menemukan berbagai tanda penyekit polio pada anak, Mereka bisa membawa anak Mereka langsung ke puskesmas atau rumah sakit terdekat agar bisa segera ditangani.

Hari dimana sejumlah propinsi memberi imunisasi polio untuk anak-anak disebut Sub PIN (Sub Pekan Imunisasi Nasional). Contoh dari Sub PIN ini yaitu ke-2 putaran imunisasi diselenggarakan bulan Mei dan juga Juni. PIN sangatlah penting untuk melindungi anak-anak agar tetap sehat.

READ  Berikut ini penyebab Hairy tongue yang perlu kamu ketahui.

Manfaat PIN Polio untuk Anak

Manfaat PIN polio untuk anak yaitu dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari virus penyebab penyakit polio. Walaupun polio tidak bisa diobati akan tetapi, dengan PIN polio bisa dicegah dengan cara memberi vaksin kepada balita.

Adapun vaksin polio yang bisa diberikan yaitu bagi menjadi 2:

  1. Vaksin Incativated Polio

Efek samping dari pemberian vaksin ini yaitu anak bisa mengalami demam secara tiba-tiba dan demam tersebut akan hilang beberapa jam setelahnya. Untuk itu orang tua harus lebih peka terhadap keadaan anak Mereka setelah pemberian vaksin ini. Cara memberikan vaksin ini yaitu dengan menyuntik lengan anak, manfaatnya yaitu kekebalan tubuh dapat meningkat.

READ  Penting untuk kamu ketahui bagaimana cara mengobati hairy tongue yang terjadi pada sipenderita.

 

  1. Vaksin Polio Oral

Vaksin jenis ini sudah banyak dipakai di Indonesia karena efek yang ditimbulkan dari pemberian vaksin ini kemungkinan tidak ada. Indonesia manjadi salah satu negara yang menggunakan jenis vaksin. Cara pemberian vaksin ini yaitu sengan cara di teteskan di mulut anak 2 kali tetes.

Adanya upaya pemerintah dengan menyelengarakan PIN (Pekan Imunisasi Nasional) memberikan kemudaha bagi orang tua yang mempunyai anak balita. Mengingat bahayanya penyakit polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan akibat virus, maka dari itu PIN polio menjadi salah satu bukti perjuangan yang dilakukan seluruh masyarakat agar bisa mencegah penyakit polio. Sebagai orang tua, Anda juga harus bisa lebih peka terhadap kesehatan anak Anda, karena masa depan bangsa Indonesia sangat bergantung pada putra-putri Anda semua.

 

Sumber: Alodokter.com