Ketahui berikut ini alasan mengapa penyebab gondongan dapat terjadi.

Gondongan merupakan suatu kondisi pembengkakan yang terjadi pada kelenjar parotis akibat infeksi virus. Kelenjar parotis tersebut merupakan suatu kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi air liur dan terletak tepat di bawah telinga. Gondongan tersebut saat terjadi, bagian sisi wajah penderita akan terlihat membesar. Perlu kita ketahui juga, bahwasanya penyakit gondongan merupakan penyakit menular yang umumnya diderita oleh anak-anak. virus dari keluarga paramyxovirus menjadi salah satu penyebab gondongan terjadi. Gondongan dapat menyebar dalam waktu beberapa hari. Karena itu, upaya pencegahan perlu dilakukan sedini mungkin. Caranya adalah dengan menghindari kontak langsung dengan penderita dan menjalani imunisasi, terutama bagi anak-anak di atas usia satu tahun. Penyebaran virus gondongan bisa terjadi melalui percikan ludah yang dikeluarkan oleh penderita gondongan ketika batuk atau bersin. Orang yang sehat dapat tertular gondongan apabila percikan tersebut masuk ke hidung atau mulut mereka, baik secara langsung atau pun lewat perantara. Misalnya akibat berbagi peralatan makan dengan penderita atau menyentuh permukaan benda-benda yang sudah terkontaminasi virus dari si penderita. Seperti yang telah disebutkan di atas, kelompok virus bernama paramyxovirus mnejadi penyebab gondongan terjadi. ketika masuk ke dalam saluran pernapasan melalui hidung, mulut, atau tenggorokan, virus tersebut akan dapat menetap, berkembang biak, bahkan menginfeksi kelenjar parotis sehingga kelenjar tersebut dapat bengkak. Penularan virus gondongan melalui si penderita kepada orang sehat dapat terjadi dengan sangat cepat. Apalagi jika masa penularannya diwaktu yang rawan yaitu terjadi beberapa hari sebelum kelenjar parotis penderita bengkak sampai lima hari setelah pembengkakan muncul. Gejala gondongan biasanya baru akan muncul 14-25 hari setelah infeksi virus terjadi. Gejala gondongan tersebut dapat ditandai dengan pembengkakan kelenjar parotis yang membuat sisi wajah atau pipi bengkak. Pasca pembengkakan kelenjar parotis, gejala lainnya akan mulai berkembang. Di antaranya seperti mulut kering, nyeri perut, bahkan sakit kepala. Disertai juga demam dengan suhu lebih dari 38 derajat celsius. Serta hilangnya nafsu makan. Dan nyeri sendi.[1] “dilansir dari laman Hellosehat” Setelah kita ketahui penyebab gondongan tersebut, berikut ini ketahui beberapa obat gondongan yang ampuh untuk kita lakukan sendiri dirumah:

  • Minum banyak air putih
READ  Berikut ini penyebab Hairy tongue yang perlu kamu ketahui.

Gejala gondongan paling umum adalah nyeri rahang bagian belakang saat mengunyah dan disertai kaku pada rahang, sehingga sulit bagi penderitanya untuk membuka mulut. Akibatnya, banyak orang yang sakit gondongan kehilangan selera makan karena mereka sulit untuk mengunyah dan menelan makanan ataupun minuman. Termasuk sekadar untuk minum air. Jika hal tersebut dibiarkan terus, maka orang yang sakit gondongan rentan mengalami dehidrasi. Padahal, asupan air yang terpenuhi dengan baik akan membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh Anda.

  • Pastikan Anda istirahat yang cukup

Penyebaran virus penyebab gondongan dapat ditularkan melalui kontak langsung, percikan ludah, muntahan, dan urin orang yang terinfeksi dengan orang yang sehat. Oleh karena itu, jika Anda sakit gondongan biasanya dokter akan menganjurkan Anda untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain, alias orang yang sehat, selama beberapa waktu. Dalam kasus gondongan pada anak-anak atau remaja, orangtua bisa meminta izin tidak masuk ke sekolah hingga kondisi mereka membaik. Hal yang sama pun bisa dilakukan oleh para orang dewasa. Demi meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sekaligus menghentikan penyebaran virus, sebaiknya istirahat di rumah dulu dan hindari bepergian keluar rumah untuk sementara waktu.

  • Minum obat pereda nyeri
READ  Penting untuk kamu ketahui bagaimana cara mengobati hairy tongue yang terjadi pada sipenderita.

Seperti yang sudah disinggung di atas, antibiotik bukanlah obat gondongan pada anak maupun orang dewasa yang ampuh. Meski begitu, Anda bisa meringankan gejala gondongan dengan minum obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan demam yang muncul akibat pembengkakan di kelenjar air liur. Obat pereda nyeri yang bisa Anda konsumsi sebagai obat gondongan adalah paracetamol, ibuprofen, dan nafroxen. Obat gondongan ampuh ini bisa Anda beli secara bebas tanpa resep dokter di warung atau toko obat dekat rumah. Pastikan Anda membaca petunjuk pemakaian obat tersebut pada label kemasan obat. Pasalnya, dosis obat mungkin dapat berbeda berdasarkan usia pasien. Jika Anda perlu jenis dan dosis yang lebih kuat, dokter dapat meresepkannya untuk Anda.

READ  Seperti apa takaran kebutuhan kalori pada balita? Yuk simak.

 

 

Sumber: Hellosehat.com

                Alodokter.com