Berikut ini penyebab Hairy tongue yang perlu kamu ketahui.

Gejala-gejala lidah berambut merupakan terjadinya suatu perubahan warna pada lidah dari putih kekuningan hingga hitam atau kecokelatan, tergantung pada makanan yang biasa dikonsumsi serta bakteri dan jamur di mulut. Kelainan lidah ini banyak ditemukan pada lidah bagian belakang, dan biasanya melibatkan seluruh bagian permukaan atas lidah. Pada umumnya, lidah berambut tidak dapat menimbulkan gangguan, tetapi pada beberapa orang ternyata masalah tersebut dapat menyebabkan rasa mual, ketidaknyamanan, dan bau mulut. Lidah berambut paling sering ditemukan pada pria dewasa dan jarang dijumpai pada anak-anak. Perawatan yang akan diberikan pada penderita lidah berambut atau penyakit hary tongue bergantung pada keadaan masing-masing. Perawatan ini meliputi pembersihan lidah setiap pagi dalam jangka waktu 1 bulan atau lebih dengan cairan pembersih lidah. Karena tidak menjaga kebersihan juga menjadi salah satu penyebab hairy tongue itu terjadi. Untuk kondisi lidah berambut yang sudah parah, dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan tertentu atas petunjuk dokter. “dilansir dari laman Klikdokter” Penyebab dari lidah berambut belum dapat diketahui secara pasti. Namun, terdapat beberapa faktor yang dikaitkan dengan kondisi tersebut, sepertihalnya:

  • Konsumsi alkohol yang berlebihan
  • Penurunan aktivitas mulut (contohnya pada pasien rawat inap yang tidak mampu melakukan pembersihan gigi dan mulut dengan optimal)
  • Penggunaan obat-obatan antibiotik
  • Pengunaan obat-obatan untuk menekan atau mengurangi aktivitas sistem kekebalan tubuh
  • Tingkat stres dan keadaan emosional
  • Radiasi
  • Perubahan bakteri dan jamur dalam mulut
  • Kebiasaan merokok
READ  Ketahui berikut ini bagaimana penyakit hairy tongue bisa terjadi.

Black hairy tongue merupakan suatu kondisi yang sementara dan tidak dapat berbahaya, kondisi tersebut dapat menyebabkan tampilan gelap dan berbulu pada lidah. Penumpukan sel kulit mati pada titik-titik kecil (papila) pada permukaan lidah yang mengandung indera pengecap merupakan salah satu penyebab hairy tongue itu terjadi. Papila tersebut, yang lebih panjang daripada normalnya, mudah menjebak dan ternoda oleh tembakau, makanan atau zat lainnya, serta bakteri atau jamur. Walau black hairy tongue tersebut dapat terlihat mengkhawatirkan, biasanya kondisi ini tidak menyebabkan masalah kesehatan dan tidak terasa sakit. Penyakit hairy tongue biasanya dapat membaik sendiri tanpa perawatan medis. Beberapa gejala yang akan terjadi dari black hairy tongue seperti:

  • Perubahan rasa atau terdapat rasa metal pada mulut
  • Napas bau (halitosis)
  • Perubahan warna hitam pada lidah, dapat juga berwarna coklat, hijau, kuning atau putih
  • Tampilan berbulu pada lidah.
  • Sensasi tersedak atau tergelitik, jika pertumbuhan papila berlebih.
READ  Bingung, bagaimana cara mengobati penyakit gonore. Simak berikut ini.

Kunjungi dokter jika timbul rasa khawatir terhadap tampilan lidah anda, bahkan jika penyakit hairy tongue tidak kunjung hilang, walaupun berbagai macam cara dilakukan sepertihalnya menyikat gigi pada lidah 2 kali sehari untuk menghilangkan penyebab hairy tongue yang terjadi agar tidak memburuk, dan semua cara itu tidak memberikan hasil. Untuk menjaga kesehatan mulut yang baik dan mengatasi terhadap perubahan warna lidah berikut diantaranya:

  • Kunjungi dokter gigi secara rutin. Lakukan pembersihan gigi profesional dan pemeriksaan mulut rutin, yang dapat membantu dokter gigi mencegah masalah atau mengatasinya secara dini. Dokter gigi dapat merekomendasikan jadwal untuk Anda.
  • Sikat gigi setelah makan atau minum. Sikat gigi setidaknya 2 kali sehari, idealnya setelah setiap makan, dengan pasta gigi fluor. Jika Anda tidak dapat menyikat gigi setelah makan, cobalah untuk berkumur dengan air.
  • Sikat lidah Sikat lidah Anda dengan lembut saat Anda sikat gigi untuk mengangkat sel mati, bakteri dan sisa makanan. Gunakan sikat gigi dengan bulu lembut atau sikat lidah fleksibel.
  • Bersihkan dengan benang gigi setiap hari. Membersihkan gigi dengan benang gigi yang benar dapat mengangkat partikel makanan dan plak dari antara gigi.[1]
READ  Seperti apa takaran kebutuhan kalori pada balita? Yuk simak.

 

[1] Sumber referensi Hellosehat.com