Benarkah tidak ada cara mengatasi keguguran

 

Ketika seorang wanita sedang berada dalam masa kehamilan, hal yang biasa ditakutkan adalah keguguran. Dilansir dari laman Alodokter, keguguran adalah berhentinya kehamilan dengan sendirinya saat usia kehamilan masih muda yaitu sekitar kurang dari 20 minggu. Sebenarnya, apa saja yang menjadi pemicu seseorang mengalami keguguran? Dan bagaimanakah cara mengatasi keguguran tersebut? Informasi ini sangatlah penting terutama bagi mereka yang sudah memiliki riwayat keguguran.

Dilansir dari Hello Sehat, ada faktor yang memang dapat mempengaruhi keguguran yang terjadi pada ibu hamil. Faktor-faktor tersebut seperti faktor janin dan kesehatan ibu hamil itu sendiri. Tercatat bahwa sekitar 60 hingga 70 persen penyebab keguguran adalah faktor dari janin itu sendiri. Jika janin memiliki kelainan kromosom, maka menandakan bahwa janin itu juga tidak berkualitas baik.

Kalau sudah begini, bantuan dengan obat medis pun tidak akan berpengaruh dan tidak dapat mencegah terjadinya keguguran. Nah, ketika sedang hamil pun banyak sekali pasti masukan dari orang sekitar kalau ada pelarangan memakan buah nanas. Karena nanas dipercaya dapat menyebabkan keguguran. Namun, apakah benar begitu?

READ  Mengenal Pekan Imunisasi Nasional Polio

Dilansir dari laman Halodoc, nanas mengandung bromelain yang dapat memecah protein di dalam tubuh. Jika ibu hamil mengonsumsi sekitar 1 buah nanas aja, sebenarnya hal itu tidak akan berpengaruh pada kehamilan. Namun, jika kamu merasa ragu, lebih baik hindari buah satu ini saat kamu hamil. Enzim bromelain akan memberikan dampak pada kehamilan jika seorang ibu hamil mengonsumsi 7 hingga 10 butir nanas sekaligus. Enzim ini daoat menyebabkan perdarahan, keguguran, dan merangsang leher rahim melunak. Inilah yang kita sebut dengan persalinan dini.

Tidak hanya nanas yang dipercaya menjadi salah satu penyebab keguguran, berikut ini adalah penyebab keguguran.

  1. Kondisi medis.
  2. Kondisi lingkungan.
  3. PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome.
  4. Gangguan imunologi.
  5. Penggunaan obat-obatan.
  6. Masalah plasenta.
  7. Kromosom abnormal.
  8. Life style.
  9. Serviks yang melemah.
  10. Gangguan pembekuan darah.
  11. Keracunan makanan.
  12. Kondisi kronis.
  13. Penyakit autoimun.
  14. Penyakit kronis.
READ  Ketahui berikut ini bagaimana penyakit hairy tongue bisa terjadi.

Setelah kita mengetahui penyebab dari terjadinya keguguran, kita bisa mengambil antisipasi sebagai cara mengatasi keguguran. Apa saja yang dapat kita lakukan untuk mencegah keguguran?

Yang perlu kita lakukan pertama kali adalah tetap menjaga berat badan. Walaupun di tubuh ibu hamil terdapat kehidupan lain bukan berarti itu menjadi alasan untuk mengonsumsi makanan berlebihan. Karena dapat mengakibatkan obesitas dan meningkatkan resiko terjadinya keguguran.

Makan boleh saja, asal tidak berlebihan dan tetap konsisten menerapkan pola makan seimbang dan sehat. Di mana kamu wajib mengonsumsi makanan yang bergizi terutama yang memberikan banyak manfaat pada masa kehamilan. Hal ini sebagai cara mengatasi keguguran dengan memperbaiki gizi ibu hamil agar tidak mengalami KEK, KEP, dan komplikasi lainnya.

READ  Penting untuk kamu ketahui bagaimana cara mengobati hairy tongue yang terjadi pada sipenderita.

Sedang dalam masa kehamilan bukan berarti membuat kita malas berolahraga. Karena dengan berolahraga secara rutin, dapat membuat tubuh kita tetap fit, berenergi, memperkuat rahim, dan sebagai latihan persiapan fisik menjelang kelahiran.

Jika kamu merupakan seorang perokok, sebaiknya hindari kebiasaanmu ini saat sedang hamil. Dan jauh asap rokok sejauh mungkin karena ini dapat menyebabkan bayi lahir cacat atau keguguran. Apalagi jika kamu merupakan alkoholik, faktor resikonya akan semakin meningkat.

Pandai dalam mengelola stres, karena apa yang sedang ibu pikirkan dapat mempengaruhi perkembangan janin. Dan pastikan bahwa kamu mengonsumsi setidaknya 400 mg asam folat setiap hari dengan mengonsumsi brokoli, bayam, asparagus, hati hewan, dan kacang-kacangan guna membantu menumbuhkan sel-sel baru di dalam tubuh.

 

Sumber gambar: unsplash.com